D’Masker Samarinda – Komunitas Pengrajin Batik Tulis, Ukir Kayu dan Ukir Batu

Kamis, 27 Januari 2022

SAMARINDA – Kerajinan tangan di Kota Samarinda ternyata tidak hanya seni tenun Sarung Samarinda di kampung tenun Samarinda Seberang atau seni ukir motif Dayak yang telah kesohor di Indonesia dan mancanegara. Kini, Samarinda juga mulai dikenal dengan berbagai kerajinan tangan seperti seni kerajinan batik tulis dan ukir batu putih.

Komunitas Masyarakat Kreatif atau disingkat D’Maskers yang beralamat di jalan Suwandi 6 Samarinda merupakan komunitas yang mengembangkan seni pengrajin batik tulis , ukir kayu, ukir batu, dan berbagai produk olahan dari bambu.

Prih Sugiyatno ketua komunitas D’Masker mengatakan saat ini komunitasnya beranggotakan 15 orang seniman pengrajin. D’Masker yang berdiri 3 tahun lalu ini mengerjakan berbagai pesanan dari batik tulis, seni ukir kayu dan batu putih.

Seni ukir batu putih type dinding saat ini menjadi primadona pemesanan warga Samarinda dan sekitarnya. Seni ukir batu putih ini dimana bahan bakunya berasal dari batu putih, batu ini cukup unik yaitu memiliki sifat yang gampang diukir dan halus.

“Pengerjaan seni ukir batu putih memerlukan perasaan dan penjiwaan, sehingga hasilnya berbeda dan memiliki nilai seni yang tinggi jika dipandang,” ujar Prih sapaan akrabnya saat dijumpai di workshop D’Masker, Selasa (25/01/2022).

Soal harga, seniman pensiunan guru seni SMPN 2 Samarinda ini, mengungkapkan karya seni ukir batu dinding dihargai rata-rata Rp 1 Juta per meter persegi.

Saat ini di Samarinda belum memiliki Galeri batu putih yang khusus memamerkan hasil kerajinan tersebut, hampir setiap perajin memamerkan hasil kerajinannya dengan memajang di tempat pembuatannya.

Pria berusia 56 tahun ini pun berharap ada sebuah Galeri batu putih di kota Samarinda. Dengan hadirnya Galeri diharapkan masyarakat dapat mengenal kerajinan tersebut. Nilai seninya dapat dinikmati, dengan begitu harga jual kerajinan batu putih ini dapat ditingkatkan serta karya seni yang terkandung dapat dirasakan.

“Jika ada galeri, para peminat seni ini pun dapat dengan leluasa melihat serta menghayati hasil seni ukir batu putih ini, melihat hasil karya seni maka akan melihat kehidupan, istilahnya berdialog dengan karya seni atau karya berbicara,” harap pria dengan 1 anak dan 4 cucu ini.

Pemesanan karya seni produk D’masker seperti batik tulis , ukir kayu, ukir batu, dan berbagai produk olahan dari bambu dapat menghubungi Prih Sugiyatno di nomer HP 0812 5828 0339 atau langsung ke workshop D’Maskers Jalan Suwandi 6 Samarinda. (hd)

 

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *