Kabar Gembira, Bank Mandiri Taspen Hadir di Kutai Timur

Kamis, 20 Januari 2022

SANGATTA – Kabar gembira bagi para pensiunan PNS, ASN, BUMN, BUMD, TNI, dan Polri termasuk yang masih aktif di Kabupaten Kutai timur. Bank Mandiri Taspen atau dikenal dengan sebutan Bank Mantap, kini hadir dengan membuka kantor cabangnya di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Peresmian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Mandiri Taspen ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Anggota DPRD Kaltim H. Agus Aras dan Kepala KCP Mandiri Taspen Kutim Raden Shahibul Auzar, Kamis (20/1/2022) bertempat di Jalan Yos Sudarso ll.

Bupati Ardiansyah mengatakan kehadiran Bank Mandiri Taspen di Kutai Timur menjadi hal yang menarik dan luar biasa, mengingat untuk wilayah Kaltim hanya tiga daerah yang terpilih yakni, Balikpapan, Samarinda, dan Kutim. Hal ini membuktikan kabupaten Kutim memiliki potensi yang besar untuk mensejahterakan para pensiunan.

“Taspen punya tiga program salah satunya kesejahteraan. Kepada semua pensiunan yang akan pensiun, kita merasa bersyukur, hanya ada tiga Mandiri Taspen di Kaltim dan ini luar biasa, selamat pada Mandiri Taspen yang telah memfasilitasi bagi para pensiunan tidak hanya di bidang ASN, tapi PNS juga Asabri,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Kepala KCP Mandiri Taspen Kutim Raden Shahibul Auzar. Ia menyebutkan kini pegawai yang akan memasuki purna tugas, tak perlu jauh-jauh lagi keluar Kutim dalam mengurus proses administrasi persiapan pensiun. Dengan hadirnya KCP Mandiri Taspen Kutim di Kota Sangatta akan sangat mempermudah segala urusan untuk mensejahterakan purna bakti.

“Kutim memiliki potensi ASN nya cukup banyak, pada intinya Mandiri Taspen akan memberikan pelayanan terbaik bagi para pensiunan,” katanya.

Ia mengungkapkan Mandiri Taspen memiliki tiga mantap yakni mantap aktif, mantap sejahtera, dan mantap sehat. Mantap aktif diimplementasikan melalui kegiatan yang berfokus pada bidang sosial dan religious.

Mantap sejahtera bertujuan menciptakan masyarakat khususnya pensiunan yang mandiri melalui kewirausahaan, sementara mantap sehat untuk meningkatkan mutu kesehatan untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal seperti senam sehat, cek kesehatan, dan seminar seputar dunia kesehatan.

Mandiri Taspen telah melaksanakan beberapa kegiatan seperti kunjungan  ke panti jompo, panti asuhan, dan pengajian, ada juga senam bersama setiap Jumat, begitupun pada awal bulan mengadakan cek kesehatan secara gratis kita hadirkan dokter untuk memeriksa kesehatan para pensiunan, dan menyalurkan pembekalan usaha bagi pensiunan.

“Ketika mereka pensiun, mereka tidak hanya duduk diam dirumah tapi ada kegiatan khususnya berwirausaha,” harapnya.

Ia menjelaskan, bagi PNS yang memasuki batas usia pensiun akan mendapatkan tunjangan hari tua (THT) dan pensiun. Secara prosedural cara mengurus Taspen pensiunan harus melengkapi syarat seperti formulir permintaan pembayaran, fotokopi pensiun, KPPG atau SKPP, KTP pemohon, dan buku tabungan.

Berbeda jika pemohon sudah meninggal dunia dan belum mengajukan klaim maka ahli waris wajib mengajukan persyaratan surat kematian, fotokopi buku nikah, surat penunjukan wali, surat keterangan ahli waris, surat keterangan asli ahli waris, surat penetapan ahli waris.

“Mungkin jika didengarkan cukup banyak ya prosedurnya yang harus dilengkapi. Tetapi Mandiri Taspen tetap memberikan kemudahan, jadi cukup pensiunnya yang datang kesini, kita yang arahkan dan itu semua gratis tanpa dipungut biaya apapun,” imbuhnya. (*/ew)

 

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *