330 Anak Terima KIA, kerjasama DKP3A Kaltim dengan Disdukcapil Kota Samarinda

Senin, 7 Februari 2022

SAMARINDA – Ratusan keping Kartu Identitas Anak atau KIA dibagikan kepada pelajar di Kota Samarinda dan delapan pelajar asal Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Di Kota Samarinda kita serahkan Kartu Identitas Anak ini sebanyak 322 keping dan di Kukar sebanyak delapan keeping sehingga totalnya yang kita serahkan hari ini sebanyak 330 keping,” jelas Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Hj Noryani Sorayalita pada Senin (7/2/2022).

Dalam acara penyerahan KIA yang dilakukan secara simbolis kepada SMP Islam Terbuka Cordova, Sorayalita mengatakan secara filosofis pemberian KIA pada anak menunjukkan bahwa negara hadir dalam mendorong kemandirian anak.

“Ini juga akan memberikan perlakuan non-diskriminatif bahwa anak memiliki identitasnya sendiri sebagai seorang warga negara Indonesia (WNI) seperti halnya KTP elektronik yang diberlakukan pada warga negara yang berusia dewasa,” jelasnya.

Ditambahkan, jika Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Disdukcapil. KIA ini wajib dimiliki oleh setiap anak sebelum memiliki KTP dengan tujuan meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik bagi anak.

Selain itu, pemberian KIA pada anak di bawah 17 tahun sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga Negara.

“KIA juga bisa  digunakan pelajar  untuk mengakses pendidikan,membuka tabungan di bank dengan rekening atas namanya sendiri serta yang tidak kalah pentingnya KIA bermanfaat mencegah terjadinya perdagangan anak dan menjadi bukti identifikasi diri ketika sewaktu-waktu anak mengalami peristiwa buruk,” ujar Sorayalita.

Selain itu, manfaat yang lain adalah memudahkan anak untuk mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan, transportasi baik darat, laut maupun udara.

Dijelaskan jika penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak untuk pelajar yang ada di SMP IT Cordova adalah hasil pelayanan terpadu kerjasama DKP3A Prov. Kaltim dengan Disdukcapil Kota Samarinda.

Selain itu juga bekerjasama dengan Disdukcapil Kabupaten Kutai Kartanegara karena ada beberapa anak di SMP IT Cordova  merupakan penduduk Kabupaten Kukar.

Kepala Dinas DKP3A Kaltim juga tidak lupa berpesan agar anak-anak dapat menyimpan KIA ini dengan baik karena ini merupakan bukti identitas yang resmi dari pemerintah yang diberikan untuk seluruh penduduk Indonesia.

“Untuk seluruh tenaga pengajar dan pengurus yang ada di Cordova kami ucapkan apresiasi yang tinggi atas inisiatifnya membantu pengurusan dokumen kependudukan secara massal bagi setiap murid-muridnya, secara cepat, tepat dan tanpa dipungut biaya alias gratis,” ujarnya. (yan)

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *