Dispar Kaltim Jadwalkan Rapat Kerja Parekraf 2022

Kamis, 3 Februari 2022
Pemandangan Bawah Air Sekitar Pulau Sangalaki Berau Kaltim

SAMARINDA – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur akan melaksanakan Rapat Kerja (Raker) pembidangan pilar pembangunan pariwisata secara terpisah, sesuai dengan bidang masing-masing.

Untuk Raker Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, misalnya akan dilaksanakan pada 24-25 Februari di Pulau Sangalaki, Kabupaten Berau, Raker Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata dilaksanakan pada 1-2 Maret bertempat di Bukit Bangkirai, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sedangkan Rapat Kerja (Raker) Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif dilaksanakan di kota Bontang pada 21-22 Februari serta Raker Bidang Pengembangan SDM Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan berlangsung di Kebun Raya Balikpapan pada tanggal 7-8 Februari 2022.

“Raker dilaksanakan di destinasi wisata atau lokasi yang berkenaan dengan ekonomi kreatif sesuai bidangnya. Sebelumnya, pembahasan empat bidang ini dilaksanakan dalam Rapat Komisi pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kepariwisataan Provinsi Kaltim,” jelas Kepala Dinas pariwisata Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni, yang dihubungi pada Kamis (3/2/2022).

Dijelaskannya, mengingat pembahasannya memerlukan fokus yang lebih mendalam dan rinci, maka mulai tahun 2022 Rapat Komisi dalam Rakornis Kepariwisataan ditingkatkan menjadi Rapat Kerja yang dilaksanakan sebelum agenda Rakornis Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Kaltim Tahun 2022.

“Dalam rapat kerja nanti akan ada tiga sesi pembahasan utama sesuai dengan urusan bidangnya masing-masing. Rapat kerja ini juga sekaligus untuk menyokong pelaku industri pariwisata Kaltim pada masa pandemi melalui kegiatan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition) khususnya meeting terbatas,” ujarnya.

Ditambahkan, untuk internalisasi dan sinkronisasi program kepariwisataan Kaltim, Rapat Kerja ini tentu membutuhkan penyediaan akomodasi, konsumsi, transportasi dan belanja oleh-oleh lokal yang memberikan manfaat bagi pelaku usaha pariwisata terkait.

“Selain akan melaksanakan rapat kerja juga akan diadakan kunjungan ke tempat wisata edukasi kangkung di Balikpapan Tengah, rapat forum SKPD Parekraf, rapat pimpinan, rapat koordinasi teknis serta orientasi lapangan,” ujar Sri Wahyuni.(yan)

 

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *