Musda Dekopinda Samarinda Pilih Kembali Nasarudin Sebagai Ketua

Senin, 14 Februari 2022

SAMARINDA – Musyawarah Daearah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) ke VI Kota Samarinda, yang di gelar di Hotel Aston Samarinda, Senin, (14/02/2022), secara musyawarah mufakat, kembali memilih Drs. Nasarudin, M.Si  menjadi Ketua Dekopinda Samarinda periode 2021 – 2026.

Nasarudin usai terpilih menjadi ketua Dekopinda Samarinda, menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta musda, yang merupakan koperasi-koperasi di Kota Samarinda, atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada dirinya untuk memimpin kembali Dekopinda Samarinda.

Terkait program kerja, Nasarudin mengatakan akan melakukan konsolidasi bersama pengurus Dekopinda terkait program kerja 5 tahun kedepan, salah satunya program kerja prioritas adalah pendidikan perkoperasian.

Drs. Nasarudin, M.Si – Ketua Dekopinda Samarinda

Namun diakuinya bahwa tidak mudah melaksanakan pendidikan perkopersian kepada anggota Dekopinda Samarinda mengingat permaslahan pendanaan. Ia pun berharap Dinas Koperasi dan UMK Samarinda, dapat membantu mendanai pendididkan perkoperasian untuk koperasi-koperasi anggota Dekopinda Samarinda.

“Permasalahan pendidikan koperasi akan kami koordinasikan ke Dinas Koperasi agar bisa diprogramkan, karena Dekopinda Samarinda tidak memiliki anggaran dan selama ini Dekopinda Samarinda dikelola secara swadaya,” kata Ketua Dekopinda Samarinda.

Ia pun berharap agar koperasi diberi kesempatan untuk berusaha, diberikan peluang yang sama untuk koperasi, beberapa proyek  yang bisa diberikan kepada koperasi, sehingga ada kontribusi bagi koperasi.

“Dengan diberi peluang yang sama di pemerintahan, Koperasi bisa berkiprah, membantu anggotanya yang juga warga Kota Samarinda sehingga mendukung program Kota Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban, dalam pengentasan kemiskinan yang mencapai 48.000 jiwa,” tegasnya.

Dr. HM. Ridwan Tasa, MM – Asisten I Sekkot Samarinda

Sebelumnya Dr. H.M. Ridwan Tasa, MM, mewakili Walikota Samarinda Dr. H. Andi Harun yang berhalangan hadir, dalam sambutannya menyampaikan Musda Dekopinda Samarinda merupakan amanah organisasi dan kemajuan organisasi bisa dilihat dari Musda.

“Musda merupakan  indikator organisasi berjalan dengan baik,” ujar Ridwan Tasa.

Dikatakan, Pemerintah Kota Samarinda sesuai dengan visi misi menjadikan Kota Samarinda sebagai Kota Pusat Peradaban, terus berkomitmen dalam mengembangkan ekonomi usaha kecil dan menengah termasuk koperasi.

“Koperasi menjadi lembaga penting dalam tumbuh berkembang perekonomian suatu daerah, mengingat di dalam koperasi terdapat semangat gotong royong, keadilan, silaturahmi, kerja-kerja bisnis,” ungkapnya.

Lebihlanjut dikatakan, saat ini banyak koperasi di Kota Samarinda, namun banyak yang tidak aktif, hanya plang nama koperasi,  Ia pun berharap Dekopinda bisa bersinergi bersama pemkot Samarinda untuk membakitkan kembali koperasi, karena koperasi yang baik dan sehat menunjukkan anggota sejahtera, dan anggotanya dipastikan adalah warga Samarinda, dan kemiskinan di Kota Samarinda bisa dientaskan.

Disamping itu, Ridwan juga memberikan solusi diantaranya penguatan koperasi melalui penguatan trush atau kepercayaan, ekspansi kegiatan usaha dengan membangun kolaborasi dengan instansi tehnis lainnya, program kerja yang terarah, terukur dan terakhir evaluasi program kerja. (mh)

 

 

 

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *