Musda V DPD Partai Demokrat Kaltim Hasilkan Irwan dan Abdul Gafur Mas’ud Sebagai Calon Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim

Jumat, 17 Desember 2021

SAMARINDA – Musyawarah Daerah (Musda) ke V DPD Partai Demokrat Kaltim yang digelar pada Jumat, (17/12/2021) di Ballroom Hotel Aston Samarinda menghasilkan 2 tokoh muda Kalimantan Timur sebagai Calon Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim.

Kedua tokoh calon Ketua DPD Demokrat Kaltim tersebut adalah Irwan – Wasekjen DPP Partai Demokrat yang juga Anggota DPR RI Komisi V dan Abdul Gafur Mas’ud – Ketua DPC Partai Demokrat Balikpapan yang juga Bupati Panajam Paser Utara (PPU).

Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat H. Herman Khaeron usai Musda V DPD Demokrat Kaltim kepada wak media menyampaikan bahwa Musda ini menghasilkan dua kandidat yang menjadi calon ketua DPD Demokrat Kaltim. Kedua tokoh muda partai Demokrat Kaltim itu anggota DPR RI Irwan dan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud yang akan mengikuti fit and proper test di haradapan tim 3 DPP Partai Demokrat.

“Pada fit and proper test, mereka  akan menyampaikan visi dan misi, serta program kerja  dan strateginya bagaimana Partai Demokrat bisa menang pada Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak, termasuk jaminan komitmen garansi tertulis memenangkan Partai Demokrat,” ujar H. Herman Khaeron

Musda ke V DPD Partai Demokrat Kaltim pada yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP Partai Demokrat Teuku Riefky Harsa yang mewakili Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harumurti Yudhoyono atau akrab di sapa AHY yang saat bersamaan sedang menemani ayahnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang sedang terapi kesehatan di Amerika Serikat.

Dimana sesuai dengan Anggaran Dasar (AD)/ Anggaran Rumah Tangga (RT) Partai Demokrat yang terbaru yakni berdasarkan hasil Kongres Demokrat di Jakarta pada Maret diatur terkait tata cara pemilihan ketua di masing-masing daerah. Melalui aturan terbaru diatur bahwa kandidat Ketua DPD di daerah wajib mendapatkan dukungan sebanyak 20 persen dari total DPC Demokrat yang ada.

Musda V Kaltim hanya mengantarkan nama calon kepada DPP atau tidak melakukan pemungutan suara memilih langsung Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se Kalimantan Timur yang berjumlah 10 DPC pada Musda V ini hanya mengusulkan calon nama ketua DPD Partai Demokrat Kaltim kepada tim 3 Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

Kemudian tim 3 yang terdiri dari Ketua Umum, Sekjend dan Ketua BPOKK Partai Demokrat akan melaksanakan tahapan fit and proper test terhadap calon ketua hasil Musda V DPD Partai Demokrat Kaltim.

“Suara terbanyak belum menentukan terpilih sebagai ketua melainkan hanya mengantarkan untuk mengikuti Fit And Proper Test dan selanjutnya ditentukan oleh tim 3 DPP,” ujar H. Mehbob Plt. Ketua DPD Partai Demokrat Kaltim didampingi ketua Panitia Musda V Demokrat Kaltim H. Agus Aras.

Ketua Panitia Pelaksana H. Agus Aras mengatakan dalam pelaksanaan Musda ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan Musda. Pertama, keamanan, kedua konsolidasi, ketiga konsiliasi dan keempat soliditas.

“Kami berharapkan Musda bisa sukses, lancar dan aman,” ujar Ketua Panitia Musda V Demokrat Kaltim H. Agus Aras. (*/ew)

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *