Tiga Daerah Di Kaltim Berzona Merah Covid-19

Minggu, 6 Februari 2022

SAMARINDA – Penyebaran Coronavirus disease atau Covid-19 varian Omicron  di Provinsi Kalimantan Timur  sejak beberapa hari ini kembali meninggi. Padahal pada awal Januari 2022, seluruh kabupaten/kota di Kaltim telah berstatus Hijau atau nol kasus.

Berdasarkan update Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim,  per Sabtu 5 Februari 2022, jumlah orang yang terkonfirmasi Omicron di Kaltim berjumlah 160 orang sehingga total orang yang terkonfirmasi Positif Covid di Kaltim telah berjumlah 159.269.

Sedangkan jumlah kesembuhan pasien tercatat 23 pasien, sehingga orang yang berhasil sembuh dari Covid-19 di Kaltim sebanyak  153.133 pasien. Sementara orang yang meninggal di Kaltim tercatat nihil, dengan total orang yang meninggal berjumlah 5.457 orang.

“Memang kasus Covid-19 kembali naik secara signifikan. Namun kondisi ini sudah pernah dilalui. Terpenting masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan tetap rajin berolahraga,” ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Masitah, Sabtu 5 Februari 2022.

Masitah menjelaskan, sebenarnya kenaikan kasus Covid-19 varian Omicron bukan hanya terjadi di Kaltim, tapi dialami seluruh provinsi di Indonesia. Karena itu, masyarakat diminta jangan panik  dan terus menerapkan perilaku hidup sehat.

“Yang jelas, protokol kesehatan Covid-19 tetap harus diikuti. Mulai menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer serta tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak,” jelasnya.

Kondisi perkembangan kasus Covid-19 (Sabtu/5/2/2022) di Kaltim menyebabkan 3 daerah di Kaltim yaitu Kabupaten Kutai Timur, Kota Samarinda dan Balikpapan berstatus zona Merah, yang artinya terdapat orang terkonfirmasi Positif di atas 51 kasus.

Sementara itu 3 daerah lainnya yaitu Kota Bontang, Kabupaten Kutai kartanegara dan Paser berzona Jingga dengan kasus terkonfirmasi Positif antara 26-50 kasus.

Tiga daerah lainnya yaitu Berau, Penajam Paser Utara danKutai Barat berstatus zona Kuning dengan orang terkonfirmasi Positif antara 1-26 kasus. Saat ini hanya Kabupaten Mahakam Ulu yang berwarna Hijau dengan kasus nihil Covid-19.(yan)

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *