Sekolah Alam Sangatta Membuka Pendaftaran Murid Baru

Minggu, 30 Januari 2022

SANGATTA – Sekolah  Alam Sangatta yg berlokasi di Jalan Munthe Sangatta akan kembali membuka pendaftaran bagi anak didik yang ingin bersekolah di Sekolah Alam dengan konsep belajar bersama alam.

Menurut Kepala Sekolah Alam Sangatta Muhammad Syafi’i, sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2019 dan pada awal tahun 2021 telah mendapat izin resmi dari Dinas Pendidikan Kab. Kutai Timur.

Ada 4 pilar dari kurikulum khas yang dikembangkan Sekolah Alam Sangatta yakni  pengembangan Akhlaqul Karimah dengan metode ‘teladan’, pengembangan logika, dengan metode action learning belajar bersama alam, pengembangan jiwa kepemimpinan, dengan metode outbound training, pengembangan kewirausahawan dan mental bisnis, dengan metode magang dan belajar dari ahlinya (learn from maestro).

“Hal inilah yang dirasa oleh berbagai pihak termasuk Dinas Pendidikan yang  menyatakan bahwa sekolah ini unik,” kata Syafi’i  pada rapat pembentukan komite sekolah Sabtu (08/01/2022).

Pada pemilihan tersebut telah terpilih dan terbentuk kepengurusan komite sekolah periode 2022-2025, ketua: Siti Ruwa Ida, wakil ketua: Muhammad Herman, sekretaris: Neva Zenilda Novstantia Emzed, dan bendahara: Astri Bestari Ciptaningrum.

Tugas komite sekolah nantinya akan membantu pihak sekolah untuk mempromosikan Sekolah Alam  Sangatta pada masyarakat dan terbuka untuk umum. Selain itu juga disepakati program kerja rutin Ecobrick.

Seperti diketahui, pembelajaran di sekolah alam banyak dilaksanakan di ruang terbuka, dengan memanfaatkan potensi yang ada di dalam lingkungan sekolah. Hal ini sesuai dengan metode belajar bersama alam.

Dalam konsep sekolah alam,  siswa diajak untuk melalui serangkaian kegiatan (pengamalan dan pengalaman), setelah itu distrukturkan. sekolah alam akan mampu membawa siswa dalam tahap : pertama tambah pengalaman, tambah pengetahuan (ranah IQ), kedua  tambah pengalaman, tambah tangkas (ranah PQ, physical/power quotient), ketiga tambah pengalaman, tambah bijak (ranah EI, emotional intelligence) dan keempat adalah tambah pengalaman, tambah iman (ranah SI, spiritual intelligence). (her)

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *