Kaltim Usulkan 6 Acara dalam Karisma Event Nusantara 2022

Jumat, 4 Februari 2022

SAMARINDA – Enam event pariwisata sepanjang tahun 2022 rencananya akan digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif . Enam event unggulan ini merupakan usulan dari kabupaten dan kota di Kaltim untuk mendapatkan persetujuan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni menjelaskan ke enam event yang diusulkan tersebut yaitu Maratua Jazz & Dive Fiesta, Festival Mahakam,  Tenggarong International Folk & Art Festival (TIFAF),

Tradisi Menjaga Alam Lom Plai Suku Dayak Wehea, Balikpapan Festival dan Festival 3 Danau.

“Namun ke enam usulan kegiatan ini harus melalui paparan Event Kurasi Tahap dua dari Kemenkraf RI. Sehingga masih memerlukan kajian. Namun,  kita berharap ke enam event ini dapat terselenggara sepanjang tahun 2022,” harap Sri Wahyuni saat memberikan sambutan yang dilakukan secara webinar pada Jumat (4/2/2022).

Sri Wahyuni menambahkan, kegiatan ini akan mengambil tema Kharisma Event Nasional (KEN) 2022. Dirinya berharap setiap pemaparan dari perwakilan kabupaten/kota bisa ditampilkan dengan baik dan jelas. Apalagi setiap perwakilan hanya diberi waktu presentasi selama 11 menit, termasuk 4 menit untuk sesi tanya jawab.

Adapun kesempatan yang diberikan oleh Kemenparekraf kepada Kaltim untuk memaparkan enam event  unggulan tersebut, nantinya akan bersaing kembali untuk masuk ke dalam daftar Karisma Event Nusantara 2022.

“Kita berharap saja ke enam event yang ditawarkan oleh kabupaten dan kota tersebut dapat dilaksanakan di Kaltim dan masuk dalam rangkaian event unggulan pariwisata dan ekonomi kreatif nasional,” ujarnya.

Usulan yang dikemukakan yaitu acara Maratua Jazz & Dive Fiesta, diusulkan oleh Kabupaten Berau, Festival Mahakam oleh Kota Samarinda,  Tenggarong International Folk & Art Festival (TIFAF) oleh Kabupaten Kutai Kartanegara,

Tradisi Menjaga Alam Lom Plai Suku Dayak Wehea diusulkan oleh Kabupaten Kutai Timur, Balikpapan Festival oleh Kota Balikpapan dan Festival 3 Danau oleh Kabupaten Kutai Barat.(yan)

banner-home-panjang

Baca Juga

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *